MEMULAI CORELDRAW 11
Untuk mulai bekerja menggunakan program CorelDraw 11, terlebih dulu
memanggil program tersebut. Untuk memanggil programnya adalah sebagai berikut :
Klik menu Start - Program - Program Grafis - Corel Draw - Colerdraw 11
Maka program CorelDraw akan muncul seperti berikut :
Gambar 2.1 Layar CorelDraw 11.
Keterangan :
a. Title Bar
b. Menu Bar
c. Standard Tool Bar
d. Property Bar
e. Horizontal Ruler
f. Printable area
g. Color Pallete
h. Tool Box
i. Vertical Scrool Bar
j. Vertical Ruler
k. Horizontal Scrool Bar
l. Status Bar
LAYAR COREL DRAW 11
- Title Bar
Memberi informasi tentang nama file dan aplikasi yang sedang dibuka. Pada
ujung pojok kanan atas terdapat tombol Maximize Button untuk membuat tampilan CoreDraw satu layar penuh, Minimize button untuk meletakkan program pada
Taskbar menu, sedangkan Close button untuk mengakhiri program.
- Menu Bar
Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type,
Element, Utilities, View, Window dan Help. Semua perintah-perintah terdapat pada menu menu tersebut.
- Standard Tool Bar
Perintah - perintah yang sering digunakan dapat juga diakses melalui Standard
Tool Bar. Pada Standard Tool Bar terdapat icon - icon perintah yang sering kita
gunakan, misalnya untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan, mencetak dan sebagainya. Hanya dengan klik sekali pada icon yang dimaksud maka perintah akan langsung dijalankan oleh CorelDraw.
- Property Bar
Property Bar merupakan baris perintah yang unik, karena tampilannya akan
selalu berubah dan perintah-perintah yang ada didalamnya akan menyesuaikan dengan icon yang sedang aktif pada tool Box. Misalnya tool Box sedang aktif pada Zoom Tool, maka akan memunculkan property dari Zoom tool, demikian juga dengan tool-tool yang lain. Disini kita akan dapat lebih cepat dalam mengakses perintah-perintah yang berhubungan dengan tool yang sedang aktif.
- Horizontal Ruler
berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang
tepat. karena terdapat mistar horizontal dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah sewaktu-waktu.
- Printable Area
merupakan area dimana desain kita diletakkan untuk dicetak. Untuk
mendesain kita boleh di luar printable area, namun ketika akan dicetak maka harus dimasukkan ke printable area tersebut.
- Color Palette
Warna merupakan unsur penting dalam sebuah desain grafis. Corel Draw
memberikan berbagai kemudahan untuk mengakses dan memilih berbagai model warna. Kita dapat mengakses tool-tool warna melalui on-screen color palette, Color dialog box, maupun Color Roll-upuntuk memilih warna isi, outline, kertas dan lain-lain. Namun langkah yang tercepat untuk mengakses warna adalah melalui On-screen color palette yang tersedia di sebelah kanan window.
- Tool Box
merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai macam perintah untuk
pembuatan obyek dasar, editing obyek, efek-efek interaktif dan lain lain.
- Vertical Scrool Bar
Penggulung halaman secara vertical. Anda dapat menggeser scrool bar ke atas
dan kebawah untuk memperluas lembar kerja atau untuk melihat bagian tertentu dari gambar yang belum terlihat.
- Vertical Ruler
Vertical ruler berfungsi untuk membuat garis bantu vertical.
- Horizontal Scrool Bar
penggulung halaman secara horisontal. Anda dapat menggeser horizontal
scrool bar untuk melihat bagian kanan atau bagian kiri laembar kerja yang belum
terlihat.
- Status Bar
Memberikan informasi tentang operasi yang sedang dilakukan, koordinat
posisi mouse berada dan juga informasi tentang warna pada obyek yang sedang
diaktifkan, baik warna fill maupun outline. Yang perlu diperhatikan pada setiap bagian window Corel Draw adalah, kita dapat mengakses suatu perintah melalui berbagai cara yang kita sukai. Misalnya untuk membuat file baru, dapat memalui menu bar, tool bar, maupun menggunakan perintah Short Cut.
TOOL BOX
Tool Box merupakan sarana utama pada Corel Draw. Tool Box menyimpan
berbagai perintah perintah untuk membuat obyek dasar, editing obyek, memberikan efek-efek interaktif dan lain-lain.
Pick Tool
Shape Tool
Zoom Tool
Bezier Tool
Rectangular Tool
Eliptical Tool
Polygon Tool
Callout Tool
Text Tool
Special EffectTool
EyeDropper Tool
Outline Tool
Fill Tool
Interactive Fill Tool
Gambar 2.2 Tool Box
MENGATUR HALAMAN
memulai desain terlebih dulu disiapkan format halaman yang
digunakan, jenis kertasyang dipakai, ukuran, orientasi kertas dan lain-lain. Berikut ini
adalah langkah-angkah untuk pengaturan halaman :
1. Klik menu Layout - Page Setup. Terdapat dua jenis layout yaitu
Normal Paper dan Label.
Gambar 2.3. Page Setup
2. Tentukan orientasi kertas dengan memilih Portrait atu landscape
3. Paper merupakan jenis kertas yang akan digunakan.
4. Width adalah menentukan lebar kertas, Height menentukan tinggi
kertas. Jika sudah ditentukan sesuai dengan kebutuhan lalu Klik OK.
Note : Untuk mengatur halaman dapat juga melalui Property Bar, dengan cara
mengaktifkan Pick Tool pada Tool Box.
MENGUASAI CORELDRAW 11
MENGGAMBAR BIDANG DAN TEKS
Membuat Kotak persegi Panjang dan Kubus
1. Klik icon Rectagular Tool pada tool box. Maka pointer akan berubah
Menjadi
2. Klik-tahan-geser menuju kanan bawah membentuk kotak.
3. Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah persegi panjang.
4. Tekan-tahan tombol Ctrl pada keyboard, Klik-tahan-geser menuju
kanan bawah membentuk kotak.
5. Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah obyek bukur
sangkar.
contoh hasil :
Tanpa menekan tombol Ctrl,
menghasilkan persegi panjang
Dengan menekan tombol Ctrl,
menghasilkan bujur sangkar.
Gambar 3.1 Obyek kotak
Membuat Lingkaran dan Elipse
1. Klik icon Ellipse Tool pada Tool box. Maka pointer akan berubah
Menjadi
2. Klik-tahan-geser menuju kanan bawah membentuk kotak.
3. Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah elips.
4. Tekan-tahan tombol Ctrl pada keyboard, Klik-tahan-geser menuju
kanan bawah membentuk kotak.
5. Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah obyek lingkaran.
Contoh hasil :
Tanpa menekan tombol Ctrl,
menghasilkan elips
Tanpa menekan tombol Ctrl,
menghasilkan lingkaran
Gambar 3.2. Obyek lingkaran
Membuat Polygon, Spiral dan Graph Paper
Klik panah bawah yang terdapat pada sudut kanan bawah icon Polygon Tool,
maka akan muncul icon seperti berikut :
1. Klik icon Polygon untuk membuat polygon. Lalu bawa ke
halaman dan klik-tahan-geser menuju kanan bawah. maka akan
menjadi obyek segilima.
2. Klik icon Spiral Tool . Lalu bawa ke halaman dan klik-tahangeser
menuju kanan bawah. maka akan menjadi obyek spiral.
3. Klik icon Graph Paper Tool . Lalu bawa ke halaman dan kliktahan-
geser menuju kanan bawah. maka akan menjadi obyek tabel.
Gambar 3.3. Obyek Polygon, Spiral dan Graph.
Membuat Teks
1. Klik icon Text Tool , maka pointer akan berubah menjadi
2. Klik di bagian bawah halaman, lalu ketik naskah “YOGYAKARTA ”
Note: Setiap selesai membuat obyek, selalu klik icon Pick Tool . hal ini untuk menghindari pembuatan obyek baru yang sama bentuknya.
MENGEDIT OBYEK DASAR
Menggeser Obyek
1. Aktifkan obyek elips, maka dibagian sisi obyek tedapat delapan kotak
kecil yang disebut dengan node serta terdapat tanda silang pada bagian
tengah elips.
Gambar 3.4 . Node
2. Letakkan pointer pada tanda silang dibagian tengah obyek elips
sehingga pointer berubah menjadi panah empat arah.
3. Klik-tahan-geser ke tempat lain, maka obyek elips tersebut akan
bergeser.
Memperbesar dan memperkecil ukuran obyek
1. Klik obyek lingkaran sehingga muncul node.
2. Letakkan pointer pada node di pojok kanan bawah sehingga berubah
menjadi panah memojok.
3. Klik-tahan-geser ke arah kanan bawah, sehingga obyek lingkaran
menjadi lebih besar.
Gambar 3.5. Membesarkan obyek
4. Klik obyek persegi panjang sehingga muncul node.
5. Letakkan pointer pada node di pojok kanan bawah sehingga berubah
menjadi panah memojok.
6. Klik-tahan-geser ke arah kiri-atas, sehingga obyek persegi panjang
menjadi lebih kecil.
Gambar 3.6. Mengecilkan Obyek
Note : Untuk memperbesar dan memperkecil dapat dilakukan pada setiap node. Jika menggunakan node pada setiap pojok, maka pembesaran dan pengecilan obyek secara proporsional. sedangkan pada node selain pojok akan menghasilkan perubahan obyek secara bebas.
Rotasi Obyek
1. Aktifkan obyek segi lima sehingga muncul node.
2. klik sekali lagi pada obyek tersebut sehingga node akan berubah
menjadi anak panah.
3. Letakkan pointer pada salah satu anak panah pada salah satu pojok,
sehingga berubah menjadi pointer panah melingkar .
4. Klik-tahan-putar searah jarum jam, lalu lepaskan. Anda perhatikan
hasilnya.
Gambar 3.7. Rotasi Obyek
Skewing Obyek
1. Aktifkan obyek Spiral sehingga muncul node.
2. Klik sekali lagi pada obyek tersebut sehingga node akan berubah
menjadi anak panah.
3. Letakkan pointer pada panah horisontal yang terdapat pada bagian atas atau bawah obyek sehingga berubah menjadi .
4. Klik-tahan-geser kanan atau ke kiri, lalu lepaskan. Anda perhatikan
hasilnya.
Gambar 3.8. Skewing
Note :Untuk Rotasi obyek dapat menggunakan node panah pada setiap pojok. Untuk Skewing obyek dapat menggunakan panah vertikal pada bagian kanan dan kiri obyek maupun horisontal pada bagian atas dan bawah obyek.
Menggandakan obyek
1. Aktifkan teks “YOGYAKARTA “ sehingga muncul node.
2. Letakkan pointyer pada tanda silang di bagian tengah obyek sehingga
berubah menjadi panah empat arah .
3. Klik-tahan-geser ke bawah. Sebelum klik di lepas, lanjutkan dengan klik kanan
sehingga klik kanan dan kiri ditekan bersama, lalu lepaskan secara bersamaan. Anda perhatikan maka teks akan menjadi dua.
Gambar 3.9. Menggandakan Obyek.
4. Aktifkan obyek polygon, sehingga muncul node.
5. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, lalu lakukan instruksi
langkah ke 2 dan 3 diatas. Maka hasilnya akan berjajar vertikal.
Mencerminkan Obyek
1. Aktifkan obyek teks.
2. arahkan pointer pada node sebelah kanan obyek sehingga membentuk
panah atas-bawah .
3. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, lalu klik-tahan-geser
pointer tersebut ke bawah sampai melewati obyek.
4. Sebelum tombol Ctrl dan klik di lepas, klik kanan sehingga klik kiri dan kanan
ditekan bersama.
5. Lepaskan klik kanan dan kiri, lalu lepaskan tombol Ctrl. Anda lihat
hasilnya.
Gambar 3.10. Pencerminan Obyek
Memberi Warna Fill dan Outline pada obyek
1. Aktifkan obyek persegi panjang sehingga muncul node.
2. Klik salah satu warna yang terdapat pada palet warna sebelah kanan
untuk memberi warna fill.
3. Klik kanan pada warna yang lain untuk mengganti warna outline.
4. Lakukan perintah diatas untuk memberi warna pada obyek-obyek
yang lain.
MENYIMPAN GAMBAR
1. Klik menu File Save As
Gambar 3.11 : Save As
1. Klik Pada Save In untuk menentukan letak penyimpanan file.
Misalnya ke 3/5 floopy A:\
2. Klik pada File Name, lalu ganti nama Graphic1 dengan Latihan1
3. Klik tombol Save.
MENGGAMBAR GARIS
Membuat halaman baru
1. Klik menu Layout --> Insert Page
Gambar 3.12. Insert Page
2. Klik tombol OK.
Corel Draw menyediakan bermacam-macam tool untuk membuat garis antara
lain Freehand Tool, Bezier Tool, Natural Pen Tool, Dimension Tool dan Connector Line Tool.
Gambar 3.13. Line Tool
Keterangan : Urut dari kiri ke kanan masing-masing Freehand Tool, Bezier
Tool, Natural Pen Tool, Dimension Tool dan Connector Tool.
Membuat Garis menggunakan Freehand Tool
1. Klik icon Freehand Tool .
2. Kik-tahan-geser ke sembarang tempat secukupnya lalu lepas.
Membuat garis Menggunakan Bezier Tool
1. Kik icon Bezier Tool .
2. Letakkan di halaman, lalu klik disembarang tempat.
3. Klik lagi di tempat lain, lanjutkan klik ditempat lain sehingga saling
tersambung.
Membuat Garis Menggunakan Natural Pen Tool
1. Aktifkan icon Natural Pen Tool .
2. Anda perhatikan pada Property bar. Natural Pen Tool menyediakan
empat jenis pen, yaitu berjajar dari paling kiri ke kanan masing masing
Gambar 3.14. Property Natural Pen Tool
3. Klik icon Fixed Width Natural Pen Type pada Property bar.
4. Klik-tahan-geser di halaman sehingga membentuk garis.
5. Lakukan langkah diatas untuk mencoba jenis garis pada Natural pen
yang lain.
Membuat garis menggunakan Dimension Tool
1. Buatlah sebuah obyek persegi panjang menggunakan Rectangular
Tool.
2. Klik icon Dimension Tool . Pada Property Bar akan muncul icon
seperti berikut :
Gambar 3.15. Property Dimension Tool.
Anda dapat memilih jenis garis ukuran pada Property Bar antara lain (urut dari
kiri ke kanan) Auto Dimension Tool, Vertical Dimension Tool, Horizontal Dimension
Tool, Slanted Dimension Tool, Callout Dimension Tool dan Angular Dimension Tool.
3. Klik icon Auto Dimension Tool pada Property Bar, lalu arahkan
pointer pada sisi sebelah atas obyek persegi panjang.
4. Klik pada sudut kiri-atas obyek persegi panjang, lalu lepaskan
5. Klik pada sudut kanan-atas obyek persegi panjang, lalu lepas.
6. Klik ditengah-tengah antara sudut kiri-atas dan kanan-atas pada garis
horisontal. Anda lihat hasilnya.
Gambar 3.16. Dimension Line
Membuat Garis Menggunakan Connector Line Tool
1. Klik icon Connector Line Tool .
2. Klik pada halaman di sembarang tempat.
3. Klik ditempat lain sehingga membentuk haris lurus.
4. Klik untuk di tempat lain .
5. Klik ditempat lain untuk membentuk garis lurus yang lain.
MUDAH BUKAN....!!!
* JANGAN LUPA SIMPAN HASIL PEKERJAAN ANDA*
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar